3 Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain

team-inti.com – Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain, Memaafkan adalah kata yang mudah untuk diucapkan, tapi tidak mudah untuk dilakukan. Saat orang lain berbuat buruk kepada kita, wajar jika kita merasa marah dan benci pada orang tersebut. Bahkan walaupun hal itu sudah terjadi cukup lama, kita tetap merasa kesal jika teringat kembali akan apa yang sudah orang tersebut perbuat kepada kita. Amarah adalah bagian dari diri manusia, merasa marah adalah hal yang manusiawi. Tetapi marah dan benci yang dibiarkan berlarut-larut justru akan merugikan diri kita sendiri.

Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain
Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Satu-satunya cara untuk melepaskan diri kita dari amarah dan kebencian adalah dengan memaafkan. Tapi tidak semua kesalahan bisa dengan mudah dimaafkan, apalagi jika kesalahan itu sangat merugikan dan menyakiti perasaan kita.

Jika Anda mempunyai pengalaman pahit dengan seseorang yang sampai saat ini belum bisa Anda maafkan, kami punya beberapa cara agar Anda bisa memaafkan kesalahan orang tersebut dan membuat hidup Anda menjadi lebih bahagia.

3 Cara memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas

  1. Perbanyak ibadah

    Cara yang paling ampuh untuk memaafkan kesalahan orang lain adalah dengan mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Semakin Anda dekat dengan Tuhan, Anda akan menyadari dua hal penting yang bisa menjadi alasan kuat untuk memaafkan kesalahan orang lain. Pertama tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Sengaja atau tidak, semua orang pasti pernah menyakiti orang lain.

    Demikian juga dengan Anda, pasti Anda pernah melakukan kesalahan dan menyakiti orang lain, bukan? Nah, setelah melakukan kesalahan tersebut, tentu saja Anda juga ingin dimaafkan. Sama halnya dengan orang yang pernah melakukan kesalahan kepada Anda, mereka juga berhak untuk dimaafkan. Kedua, Tuhan Maha Pemaaf. Jika Tuhan yang Maha Sempurna saja mempunyai sejuta ampunan, siapakah diri kita sehingga kita tidak mau memaafkan kesalahan orang lain?

    Dekatkanlah diri Anda kepada Tuhan, maka Anda akan bisa memaafkan kesalahan orang lain, sebesar apapun kesalahan itu.

  2. Pandanglah orang yang menyakiti Anda sebagai korban.

    Manusia adalah produk dari lingkungan. Jika seseorang mempunyai sifat yang buruk dan melakukan sesuatu yang menyakiti Anda, maka orang tersebut hanyalah korban dalam kehidupannya sendiri. Faktor keluarga, lingkungan, dan pergaulan sangat menentukan karakter seseorang. Jadi, pandanglah orang yang menyakiti Anda sebagai korban dari faktor-faktor tersebut.

    Pada dasarnya, semua orang itu baik, tidak ada orang yang jahat. Yang ada hanyalah orang yang menjadi jahat karena pengaruh lingkungan. Alih-alih membenci orang tersebut, Anda seharusnya merasa kasihan dengan memaafkan kesalahan yang sudah orang tersebut lakukan kepada Anda. Maklumilah sebagaimana orang dewasa memaklumi kesalahan anak kecil.

  3. Ingat kebaikan-kebaikannya

    Sejahat apa pun seseorang, pasti ada sisi baik dari diri orang tersebut, sekecil apa pun itu, Jika seseorang pernah melakukan kesalahan kepada Anda, maka ingatlah kebaikan yang pernah orang itu lakukan kepada Anda. Cara ini sangat efektif untuk memaafkan kesalahan orang lain.

    Kebaikan-kebaikan itu menunjukkan bahwa sebenarnya orang tersebut tidak sejahat yang Anda kira. Bisa jadi orang itu melakukan kesalahan secara tidak sengaja. Jadi berhentilah membenci orang tersebut, maafkanlah kesalahannya, bila perlu mulai lagi hubungan Anda dengan orang tersebut dari awal.

Amarah dan kebencian yang kita pendam hanya akan menyengsarakan diri Anda sendiri. Anda akan merasa terjebak dalam emosi-emosi negatif yang justru membuat Anda merasa kesal dan marah pada diri Anda sendiri. Satu-satunya cara untuk membebaskan diri Anda adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain. Jadi, berhentilah membenci dan bukalah pintu maaf sebesar-besarnya.

Recommended For You

About the Author: anakibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *